Rabu, 12 Februari 2014

Bagaimana manusia dapat mengenal Allah sang Pencipta? (Bagian 2)

        Pada bagian ini saya akan memberikan informasi penting kedua untuk mengetahui dan mengenal Allah yang benar, ini adalah prinsip kebenaran yang dapat dibuktikan oleh siapapun sehingga kita dapat dengan mudah melihat ketidakbenaran segala informasi lainnya.

       Prinsip kedua, semua manusia telah berdosa (Rom 3:23) dan tidak sempurna sedangkan hukum-hukum Allah itu kudus dan sempurna (Rom 7:12), sehingga tidak mungkin manusia dapat hidup sesuai dengan hukum atau aturan Allah (Rom 7:22-23). Hukum-hukum Allah diberikan pada manusia agar manusia menyadari akan dosa dan ketidakberdayaan mereka untuk dapat diterima oleh Allah yang kudus, hal inilah yang menimbulkan kebutuhan manusia akan anugerah Allah.


          Semua cara pandang atau ajaran agama dan aliran kepercayaan di dunia ini memiliki karakteristik dasar yang sama, yaitu manusia dituntut untuk terus berusaha mencapai kesempurnaan atau mengamalkan ajaran-ajaran yang begitu banyak sebagai panduan menuju kesempurnaan. Meskipun motivasi mereka adalah baik, tetapi semuanya itu hanya akan berujung pada keputusasaan dan kesia-siaan mengingat kegagalan yang akan mereka alami secara terus-menerus.

          Jadi apabila manusia harus menjadi benar terlebih dahulu agar dapat diterima oleh Allah, apa jalan keluarnya? Inilah sebabnya mengapa Alkitab perjanjian baru sering disebut juga sebagai kitab Injil (kabar baik), Alkitab menyatakan bahwa Allah begitu mengasihi manusia sehingga mengutus dan mengorbankan AnakNya yang tunggal (Yesus) untuk menyelamatkan manusia dari dosa sehingga barangsiapa yang percaya kepadaNya (Yesus), ia akan diselamatkan dari hukuman, menerima hidup kekal dan diterima olehNya sebagai manusia yang dibenarkan (John 3:16-18).

          Hal ini jelas bahwa segala ajaran diluar Alkitab meskipun kelihatannya sangat baik, tetapi manusia berdosa tidak memiliki kemampuan untuk melakukan atau menjalani tuntutannya. Tetapi Alkitab menyatakan bahwa Allah itu sangat memahami kelemahan manusia sehingga Dialah yang berinisiatif menolong kita dan bagian manusia adalah cukup menerima anugerahNya melalui karya Kristus di atas kayu salib (Rom 3:21-31). Silakan buktikan sendiri mana yang benar, Allah menuntut manusia berdosa harus berusaha untuk menjadi sempurna, atau Allah yang menawarkan anugerah keselamatan dan pembenaran bagi semua manusia (Mark 16:15-16).